Langsung ke konten utama

Aku masih menemukanmu pagi ini

Photo by Kenan Kitchen on Unsplash

“Selamat ulang tahun,” katamu pagi itu. Saat belum ada seorang pun mengucapkannya baik melalui pesan singkat maupun kecup hangat. Setelah sekian lama, aku kembali berharap berumur panjang agar akan ada pagi seperti ini lagi tahun depan, tahun depannya lagi, tahun depannya lagi sampai, jika mungkin kamu mengucapkannya sesaat setelah membuka selimut, berguling ke arahku, meraih puncak kepalaku yang rambutnya mulai abu-abu.

Pagi ini, ulang tahunku datang sekali lagi. Tapi kamu tidak di sisiku dan tidak akan mengucapkan selamat ulang tahun lagi.  Pagi ini aku masih berharap semoga umurku panjang meskipun mungkin bukan kamu yang akan menyaksikan rambutku berubah menjadi keperakan.

Berulang kali aku mengecek ponsel, mencari namamu di sana, sembari berharap ada terselip pesan selamat ulang tahun darimu. Tidak ada. Tak peduli seberapa banyak pun aku membuka dan menutup aplikasi pengirim pesan dan menyegarkan ulang halamannya. Dan kenapa aku masih berharap?

Aku keluar kamar dan menyapa bayi-bayi romaine tepat di luar jendela kamarku. Kubisikan semangat agar mereka tak layu dan kalah melewati musim penghujan yang lagi-lagi ganas. Curah hujan tinggi, angin kencang membuat bayi-bayiku rebah sementara tak ada matahari yang membuat mereka bangkit kembali.

Lagi-lagi, aku ingat padamu. Tentang kebijaksanaan hidup para petani yang sering kau dongengkan. Kesabaran mereka merawat, menunggu, tanpa jaminan kembali. Kesabaran mereka berproses meski berkali-kali dikhianati pasar dan keadaan. Tapi tak ada yang bisa membuat mereka berhenti menanam, tidak musim hujan yang datang lebih awal sehingga tembakau layu dan tak bisa kering, tidak juga tengkulak yang curang atau pun pemerintah yang menyerah pada mekanisme pasar.

Berkali-kali, kau mengulangnya. Mengingatkanku untuk lebih setia pada proses, betapa pun tidak mudahnya,betapa pun tidak pastinya. Tak lupa, cerita solidaritas petani, betapa hubungan perempuan dan laki-laki dalam masyarakat agraris yang setara karena faktor produksi dikuasai bersama tak seperti model masyarakat industrial yang cenderung meminggirkan peran-peran perempuan, betapa sederhana arti cukup bagi mereka dan mestinya, juga bagi kita. Tak lupa kau akan mengingatkan untuk lebih sering srawung, persis seperti omelan Bapak.

Selesai menyemangati para bayi romaine, aku berjalan ke kebun belakang menengok kompos yang setengah jadi. Lalu, kuambil sekop untuk mengaduk kompos. Kamu sering bilang, jangan lupa membawa kantong belanja sendiri. Jangan meninggalkan sampah di bumi, katamu. Kasihan para petani yang menuai badai yang kita tanam dari pemakaian plastik yang tidak terkontrol. Suhu bumi naik terus karena pembakaran energi fosil. Aku dulu sering ngeyel, kenapa kita yang hanya menggunakan sedotan sebiji, kantong plastik paling banyak lima dalam sehari yang harus bertanggung jawab atas kerusakan yang 71%-nya disebabkan oleh hanya 100 perusahaan besar[1]. Kau hanya menyentil dahiku pelan, semut yang membawa setetes air pada Ibrahim juga tak akan bisa memadamkan api yang tengah membakar tubuhnya tapi ia lakukan untuk memperjuangkan prinsipnya.

Hidup bukan semata-mata hitung-hitungan begitu. “Apakah kamu memilihku karena aku mencintaimu lebih banyak daripada lelaki lain? Atau karena aku mencintaimu lebih dari kamu mencintai dirimu sendiri? Apa ukuran yang kamu pakai?” tanyamu beruntun seperti gerbong kereta yang baru saja lewat. Aku hanya meringis. Lalu kamu meneruskan, “Apakah kamu juga akan berhenti mencintaiku ketika kamu merasa cintamu padaku tak sama banyaknya dengan yang kuberikan?” Mengambil kesempatan dari diamku, kamu meneruskan tentang betapa cintanya bumi pada kita, menopang kehidupan kita, dan tak ada salahnya untuk merawat tanpa menghitung siapa yang lebih besar merusak maka dia yang harus lebih banyak membetulkan. Toh, ukuran kita bias, pengetahuan kita terbatas. Melakukan yang kita bisa tak akan merugikan. Aku hanya membalas dengan memeluk lenganmu lebih erat dan kau balas dengan senyuman hangat.

Rasanya, aku masih bisa menemukanmu di antara wangi pagi yang basah sisa hujan semalam. Dan rasanya, aku sengaja memelihara kenangan tentangmu, merawatnya bersama dengan romaine yang tumbuh tepat di luar jendela kamarku. Lalu kupanen, kunikmati, menjadi energi penggerak aktivitasku, sisanya masuk ke komposter, lalu kugunakan untuk menanam romaine lagi di musim tanam berikutnya. Kamu tidak pernah mati.

[1] https://www.theguardian.com/sustainable-business/2017/jul/10/100-fossil-fuel-companies-investors-responsible-71-global-emissions-cdp-study-climate-change

Postingan populer dari blog ini

Seleksi Asisten Editor Kompas-Gramedia: Tahap I

Selesai seleksi di Bisnis Indonesia, aku pulang ke Jogja hari Selasa keesokan harinya. Lagi-lagi, aku nebeng untuk pulang. Jadi, aku pulang ke Jogja motoran. Sudah agak lama nggak menempuh Jogja-Ungaran motoran, lumayan pegel juga ternyata. Apalagi sehari sebelumnya cukup ngos-ngosan juga, motoran Semarang-Ungaran bolak-balik, liputan, menulis 4 tulisan dalam waktu nggak sampai 3 jam. Ditambah lagi, perjalanan Ungaran-Jogja selama 3 jam di atas motor. Semua itu cukup membuatku lelah dan langsung tidur sesampainya di Jogja. Bangun dari tidur ada sms dari HotNews. Yang kuabaikan, halah paling sms gaje gosip artis dari indosat. Pas ngecek email ternyata ada panggilan psikotes dan tes bidang dari Kompas-Gramedia untuk posisi asisten editor. HotNews itu ternyata dari KPG memberitahukan panggilan peikotes dan tes bidang. Terus terang aku kaget tapi seneng. Kaget karena tes akan diselenggarakan hari Kamis, tanggal 10 Agustus jam 8.00 di Jakarta. Kaget karena ada banyak berkas

[Travel] Berburu Senja di Anyer

Perjalanan ke Anyer dari Jakarta bisa dikatakan perjalanan jauh. Apalagi jika naik kendaraan umum, seperti kami. Bagiku, piknik ke Anyer ini adalah piknik paling simpel, paling tanpa fafifu langsung berangkat.  Dari atas Pantai Karang Bolong Kami berangkat Sabtu pagi, dari Jakarta, naik KRL dari stasiun Tanahabang hingga Rangkasbitung seharga 8000 rupiah. Beberapa blog bercerita kalau ada kereta lokal Tanahabang-Merak namun menurut petugas di Stasiun Tanahabang sudah tidak ada KA Lokal tersebut. Perjalanan Stasiun Tanahabang-Rangkasbitung sekitar 2 jam. Sesampainya di Rangkasbitung, lanjut KA Lokal Rangkasbitung-Merak, harga tiketnya 3000 rupiah saja. Nah, untuk ke Anyer, paling enak turun di stasiun kecil bernama Krenceng. Perjalanan Rangkasbitung-Krenceng juga sekitar 2 jam. Jadwal keretanya silakan googling saja. Angkot silver Krenceng-Labuan PP Sesampainya di Stasiun Krenceng, keluar lalu naik angkot silver tujuan Labuan. Pantai-pantai di Anyer bisa dijangkau deng

Angka-angka dan pencapaian

Photo by Kiki Siepel on Unsplash Ide tulisan ini awalnya terinspirasi dari Mbak Puty dan postingan Ko Edward .   Membaca kedua tulisan itu, membuatku berefleksi pada hubunganku dan angka-angka serta pencapaian.   Aku, jujur aja takut sekali dengan parameter kesuksesan berupa angka. Si anak marketing yang takut melihat target angka. Sebuah ironi yang tidak pada tempatnya.   Hal itu bukan hanya target terkait pekerjaan namun juga terkait dengan kehidupan personal. Aku takut melihat angka di timbangan, tidak pernah berani mematok ingin memiliki berapa banyak penghasilan, tidak berani menarget angka yang terlalu besar untuk tabungan, tidak berani mematok target tanggal pernikahan meskipun membaca banyak testimoni yang bilang sukses menerapkan strategi ini ahahaha (iya, menikah masih jadi salah satu hal dalam bucket list -ku). Dan daftarnya bisa kuteruskan panjang sekali tapi nggak perlu, karena too much information dan akan jadi kalimat yang terlalu panjang.   Tapi hidup